Mengenakan topi dan jaket

בס''ד 

Mengenakan topi dan jaket

foto : learnreligious.com

Kebiasaan memakai topi di atas Yarmulke (kippa) :

Merupakan kebiasaan di antara orang-orang Yahudi yang saleh untuk berjalan dengan dua penutup kepala dan dengan demikian mereka mengenakan topi di atas Yarmulke (kippa) mereka. [1] Kebiasaan ini diikuti oleh Chassidim.[2]

Sumber Talmud dari kebiasaan ini:[3]

Sumber kebiasaan ini adalah dari Mishneh di Tractate Shabbos[4] yang menyatakan bahwa jika Surga melarang ada kebakaran di rumah seseorang di  hari Shabbat, seseorang hanya dapat menyimpan 18 potong pakaian yang biasa dia pakai selama hari kerja. Daftar pakaian yang disebutkan di sana termasuk "topi dan penutup kepala di bawahnya". Demikian juga dalam Traktat Chulin [138a] disebutkan bahwa Imam Besar mengenakan penutup kepala dari wol di bawah topinya. [Selanjutnya, beberapa[5] mengetahui bahwa pernyataan Gemara dalam Shabbat 118b tentang tidak berjalan dengan kepala terbuka sebenarnya mengacu pada penutup kedua di atas Yarmulke, dan dikatakan bahwa seseorang tidak berjalan tanpa topi di atasnya Yarmulke.]

Apa arti terdalam di balik mengenakan topi di atas Yarmulke seseorang?

Topi melambangkan Oar Makif. Jadi orang yang ingin sepenuhnya menerima kuk surga adalah untuk menutupi kepalanya dengan dua penutup yang mewakili dua Makifim.[6]

Setiap orang Yahudi memiliki dua aspek intelektual dan dua penutup mewakili rasa takut yang lebih tinggi dan rasa takut yang lebih rendah yang ditarik kepadanya.[7]

Berjalan dengan topi di atas Yarmulke adalah Segula untuk perlindungan spiritual dan fisik.[8]

Mengenakan topi selama Berdoa:

Menurut beberapa pendapat[9], selama berdoa, adalah kewajiban untuk mengenakan topi di atas Yarmulke seseorang.

Mengenakan topi selama Birkat Hamazon :[10]

Seorang Yahudi yang takut akan Tuhan harus mengenakan topi saat membaca Birchat Hamazon.

Mengenakan topi saat melafalkan nama Hashem dalam doa atau berkat:[11]

Adalah tepat untuk mengenakan topi di atas Yarmulke setiap kali seseorang menyebut nama Hashem, seperti dalam berkat, atau doa. [Untuk alasan ini, beberapa orang memakai dua Yarmulkes setiap saat agar kepala mereka selalu tertutup dua kali saat mereka perlu mengucapkan berkat. Yang lain memiliki kebiasaan meletakkan tangan mereka di atas Yarmulke mereka ketika membacakan berkat dan tidak memiliki topi mereka.[12]]

Mengenakan topi selama pembelajaran Taurat:[13]

Beberapa tertentu mengenakan topi di atas Yarmulke mereka bahkan saat belajar Taurat.

Apakah Yarmulke yang memiliki dua bagian [di dalam dan di luar] dianggap sebagai penutup ganda?[14]

Tampaknya itu tidak cukup sebagai dua penutup dan begitu juga kebiasaannya.

Mengenakan jaket

Merupakan kebiasaan di antara orang-orang Yahudi yang takut akan Tuhan untuk mengenakan jaket atau mantel di atas pakaian mereka bahkan selama musim panas.[15] Alasannya karena pakaian dalam merupakan Or Penimi sedangkan pakaian luar adalah Or Makif.[16]

Catatan Kaki : 

[1] Rav Yaakov Emdin di Siddur-nya, membawa Ketzos Hashulchan 3/4; Damesek Eliezer 6/7 menulis bahwa kebiasaan semua Geonim dan Tzaddikim adalah berjalan dengan Yarmulke di bawah topi mereka dan bahwa ini adalah kebiasaan Yahudi kuno; Mahritz Shabbos 118b; Maharsha Shabbos 156b; Shulchan Hatahor Mamar Tznius 4

Membuat Yarmulke terlihat di bawah topi: Ada tradisi yang tercatat atas nama Rav M.M. Rimnov secara khusus memperluas Yarmulke di bawah topi dengan cara yang terlihat di luar untuk membedakan diri kita dari orang non-Yahudi. [Catatan kaki Piskeiy Teshuvos 2 64]

[2] Rebbe di Igros Kodesh 18 hal. 394 membawa Shulchan Menachem 1/6

[3] Rebbe di Igros Kodesh 18 hal. 394 sebagaimana dijelaskan dalam Shulchan Menachem 1/6 dan Kovetz Yagdil Torah (Israel) vol. 4 halaman 1827.

[4] Bab 16 Mishneh 4 seperti yang dijelaskan oleh Bartenura

[5] Mahritz Shabbos 118b; Maharsha Shabbat 156b

Mahrtitz on the Gemara in Shabbat118b [tentang tidak berjalan dengan kepala terbuka] menjelaskan bahwa itu mengacu pada mengenakan penutup di atas penutup pertamanya, karena ini membuat orang takut akan surga. Begitu juga penjelasan Maharsha di Tractate Shabbat 156b tentang ibu dari Nachman Bar Yitzchak bahwa dia berhati-hati anaknya dengan penutup ganda. [Dibawa masuk Sefer Amudei Arazim.]

[6] Sefer Hasichos 1947 hal. 158

[7] Midrash Pinchas 31 [Pincha dari Koretz]

[8] Tradisi membawa Piskeiy Teshuvos 2 catatan kaki 64

[9] Lihat M”B 91/12; Piskeiy Teshuvos 91/3

[10] 183/6

[11] Salmas Chaim 181; Sdei Chemed Mareches Brachot 1/42

[12] Mungkin ini menggantikan penutup seperti yang diatur dalam Basrah 2/6 tentang menempatkan tangan di atas kepalanya jika dia tidak memiliki Yarmulke. Sekarang meskipun melakukannya tidak valid untuk membaca berkat, namun karena kepala yang sudah tertutup mungkin menempatkan tangan di atas Yarmulke berfungsi sebagai "Heker" di tempat topi dan karenanya sah seperti yang diatur dalam 2/6. Vetzaruch Iyun tentang apakah ada otentisitas kerabian dalam kebiasaan ini.

[13] Shulchan Hatahor Tznius 4

[14] Pasut! Karena menjahit kedua bagian itu menjadi satu pakaian dan manusia tidak menganggapnya sebagai dua pakaian. Apakah mantel dengan lapisan wol dianggap sebagai dua pakaian? Selanjutnya, jika dianggap dua pakaian, maka dilarang melepas dan memakainya, karena yang satu adalah menghindari memakai dan melepas dua pakaian sekaligus. [Lihat Halcha 6E] Selain itu akan dianggap sebagai dua dari 18 pakaian yang dapat dilepas jika terjadi kebakaran.

[15] Toras Moshe [Chasam Sofer] 4 Pesach; Torah Leshma [Ben Ish Chaiy] 369

[16] Toras Moshe sda

Terjemahan dari : Shulkhan Arukh Harav



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kategori

Kehidupan Setelah Kematian

Konser Musik Yahudi

Video Belajar Taurat

Kebahagiaan di Bulan Adar