Rosh Hashanah

 

בס''ד


Apa itu Rosh Hashanah?




Apa: Ini adalah hari ulang tahun alam semesta, hari Tuhan menciptakan Adam dan Hawa, dan itu dirayakan sebagai kepala tahun Yahudi.

Kapan: Dua hari pertama tahun baru Yahudi, Tishrei 1 dan 2, dimulai saat matahari terbenam pada malam Tishrei 1. Rosh Hashanah 2022 dimulai saat matahari terbenam pada tanggal 25 September dan berlanjut hingga malam hari pada tanggal 27 September.

Caranya: Penyalaan lilin di malam hari, jamuan makan malam dengan hidangan manis di siang dan malam hari, doa yang meliputi meniup terompet domba jantan (shofar) di pagi hari, dan berhenti dari pekerjaan kreatif.

Mengapa Rosh Hashanah Penting?

Tahun Baru Yahudi, Rosh Hashanah sebenarnya berarti "Kepala Tahun Ini." Sama seperti kepala yang mengendalikan tubuh, tindakan kita pada Rosh Hashanah memiliki dampak yang luar biasa di sisa tahun ini.

Seperti yang kita baca dalam doa Rosh Hashanah, setiap tahun pada hari ini “semua penduduk dunia lewat di hadapan Tuhan seperti kawanan domba,” dan diputuskan di pengadilan surga “siapa yang akan hidup, dan siapa yang akan mati . .. siapa yang akan dimiskinkan dan siapa yang akan diperkaya; siapa yang akan jatuh dan siapa yang akan bangkit.”

Ini adalah hari untuk berdoa, waktu untuk memohon kepada Yang Mahakuasa agar memberi kita tahun kedamaian, kemakmuran, dan berkat. Tetapi ini juga merupakan hari yang menggembirakan ketika kami memproklamirkan Tuhan sebagai Raja Semesta Alam. Kabbalis mengajarkan bahwa keberadaan alam semesta yang berkelanjutan bergantung pada keinginan Tuhan untuk sebuah dunia, keinginan yang diperbarui ketika kita menerima kerajaan-Nya lagi setiap tahun di Rosh Hashanah.

Disebut apakah itu?

● Nama paling umum untuk hari raya ini adalah Rosh Hashanah, nama yang digunakan dalam traktat Talmud eponymous yang ditujukan untuk hari raya tersebut.

● Taurat menyebut hari ini sebagai Yom Teruah (Hari Bertiup Shofar).(1)

● Dalam doa-doa kami, kami sering menyebutnya Yom Hazikaron (Hari Peringatan) dan Yom Hadin (Hari Penghakiman) karena ini adalah hari ketika Tuhan mengingat semua ciptaan-Nya dan menentukan nasib mereka untuk tahun depan.

● Bersama dengan Yom Kippur (yang mengikuti 10 hari kemudian), itu adalah bagian dari Yamim Nora'im (Hari Kekaguman, atau: Hari Raya Tinggi).

Prioritas Utama : Mendengar Shofar



Ketaatan utama Rosh Hashanah adalah membunyikan shofar terompet domba jantan, pada kedua hari raya (kecuali jika hari pertama adalah Shabbat, dalam hal ini kami hanya meniup shofar pada hari kedua).

30 tiupan pertama shofar ditiup setelah pembacaan Taurat selama doa pagi, dan sebanyak 70 tiupan tambahan ditiup selama (dan segera setelah) kebaktian Musaf, menambahkan hingga 100 tiupan selama doa pagi Rosh Hashanah ( beberapa komunitas membunyikan putaran 30 tiupan lagi setelah doa juga). Untuk seseorang yang tidak bisa datang ke sinagoga, shofar mungkin terdengar sepanjang hari. Jika Anda tidak dapat keluar dari rumah Anda, silakan hubungi pusat Chabad terdekat Anda untuk melihat tentang mengatur "panggilan rumah",.

Tiupan shofar berisi serangkaian tiga jenis tiupan: tekiah, tiupan panjang seperti isak; shevarim, serangkaian tiga ratapan pendek; dan teruah, setidaknya sembilan semburan staccato yang menusuk.

Tiupan shofar melambangkan tiupan terompet yang dibunyikan pada penobatan raja. Seruan sedihnya juga berfungsi sebagai panggilan untuk pertobatan. Shofar itu sendiri mengingat Pengikatan Yitshak, sebuah peristiwa yang terjadi di Rosh Hashanah di mana seekor domba jantan mengambil tempat Yitshak sebagai persembahan kepada Tuhan.

Perayaan Rosh Hashanah Lainnya

Salam: Pada malam pertama Rosh Hashanah, doakan seorang pria, “Leshanah tovah tikatev vetichatem;” untuk seorang wanita mengatakan, "Leshanah tovah tikatevee vetichatemee" ("Semoga Anda dituliskan dan disegel untuk tahun yang baik"). Di lain waktu, ucapkan "Gemar chatimah tovah" kepada mereka ("Tertulis dan penyegelan yang baik [dalam Kitab Kehidupan]").

Lilin: Seperti setiap hari raya besar Yahudi, wanita dan anak perempuan menyalakan lilin di setiap malam Rosh Hashanah dan membacakan berkat yang sesuai. Pada malam kedua, pastikan untuk menggunakan api yang ada dan pikirkan tentang buah baru yang akan Anda makan (atau pakaian yang Anda kenakan) saat Anda mengucapkan berkat Shehechiyanu.

Tashlich: Pada sore pertama Rosh Hashanah (asalkan itu bukan Shabbat), merupakan kebiasaan untuk pergi ke badan air (laut, sungai, kolam, dll.) dan melakukan upacara Tashlich, di mana kami secara seremonial melemparkan dosa ke dalam air. Dengan tradisi ini kami secara simbolis membangkitkan ayat, “Dan Engkau akan membuang dosa-dosa mereka ke dalam laut.” Doa singkat untuk layanan ini dapat ditemukan di machzor Anda.

Doa Rosh Hashanah

Sebagian besar hari dihabiskan di sinagoga, di mana kami berdoa agar Tuhan memberikan semua ciptaan-Nya tahun baru yang manis. Doa sore dan siang hari mirip dengan doa yang dipanjatkan pada hari raya biasa. Namun, layanan pagi secara signifikan lebih lama.

Buku doa hari raya—disebut machzor—berisi semua doa dan bacaan Taurat sepanjang hari. Penambahan yang paling signifikan adalah upacara meniup shofar. Namun, ada juga elemen penting lain dari layanan doa yang unik di Rosh Hashanah.

Taurat dibacakan pada kedua pagi hari di Rosh Hashanah.

Pada hari pertama, kita membaca tentang kelahiran Yitshak dan selanjutnya pengusiran Hagar dan Ismael.(2) Tepatnya, bacaan tersebut dilanjutkan dengan bacaan haftarah tentang kelahiran Samuel sang Nabi.(3) Kedua bacaan tersebut memuat tema doa agar anak-anak terkabul. , dan kedua kelahiran ini terjadi di Rosh Hashanah.

Pada pagi kedua, kita membaca tentang pengorbanan Abraham yang hampir mendekati putranya, Yitshak.(4) Seperti disebutkan di atas, tiupan shofar mengingatkan pada domba jantan itu, yang menonjol dalam cerita ini sebagai tampilan yang kuat dari pengabdian Abraham kepada Tuhan yang telah menjadi ciri khas-Nya. anak-anak sejak itu. Haftarah(5) menceritakan tentang cinta abadi Tuhan bagi umat-Nya.

Pengulangan Amidah (Doa Hening) penyanyi dibumbui dengan piyyutim, doa puitis yang mengungkapkan harapan doa kami untuk tahun ini dan tema lain hari itu. Untuk pilihan tertentu, yang dianggap sangat kuat, bahtera dibuka. Banyak dari penambahan ini dimaksudkan untuk diucapkan secara responsif, sebagai upaya bersama antara pemimpin doa dan komunitas.

Bahkan tanpa piyyutim tambahan, doa Musaf Rosh Hashanah secara signifikan lebih lama daripada sisa tahun ini. Ini karena berkat tengah tunggalnya dibagi menjadi tiga berkat tambahan, masing-masing berfokus pada salah satu tema utama liburan lainnya: kerajaan Tuhan, keinginan kita agar Dia “mengingat” kita untuk kebaikan, dan shofar. Setiap berkat berisi kumpulan ayat-ayat Alkitab yang mengungkapkan temanya, dan kemudian diikuti dengan putaran tiupan shofar.

Pesta Rosh Hashanah

Kami makan makanan meriah setiap malam dan siang hari raya. Seperti semua makanan hari raya lainnya, kami mulai dengan membaca kiddush sambil minum anggur dan kemudian mengucapkan berkat atas roti. Tetapi ada beberapa perbedaan penting:

a. sebuah Roti bundar (secara tradisional dipanggang menjadi roti challah bundar, dan sering ditaburi kismis) dicelupkan ke dalam madu, bukan garam, mengungkapkan keinginan kami untuk tahun yang manis. Kami melakukan ini pada Rosh Hashanah, Shabbat Shuvah (Shabbat sebelum Yom Kippur), dalam makan sebelum Yom Kippur dan selama Sukkot.

b. Melanjutkan tema manis, adalah tradisi untuk memulai makan malam pertama dengan irisan apel yang dicelupkan ke dalam madu. Sebelum makan apel, kami membuat ha'eitz berkat dan kemudian berkata, "Semoga kehendak-Mu memperbaharui bagi kami tahun yang baik dan manis."

c. Banyak orang memakan bagian kepala ikan atau domba jantan, mengungkapkan harapan agar “kita menjadi kepala dan bukan ekor”.

d. Di banyak komunitas, ada makanan tradisional tambahan yang dimakan, masing-masing melambangkan harapan untuk tahun yang akan datang. Banyak yang makan buah delima, menyuarakan keinginan agar “jasa kita banyak seperti [biji] buah delima.” Makanan umum lainnya adalah tzimmes, hidangan berbasis wortel manis yang dimakan karena namanya dalam bahasa Yiddish, merren, yang berarti “wortel” dan “meningkatkan”, yang melambangkan keinginan untuk tahun yang berkelimpahan.

e. Adalah tradisional untuk menghindari kacang (ini alasannya) serta makanan tajam berbasis cuka, terutama lobak yang secara tradisional dimakan dengan ikan gefilte, karena kita tidak ingin tahun yang pahit.

f. Pada malam kedua liburan, kami tidak makan apel, kepala ikan, delima, dll. Namun, sebelum kami memecahkan roti (dan mencelupkannya ke dalam madu), kami makan “buah baru”, sesuatu yang belum pernah kami rasakan sejak terakhir kali di musim.

Apa selanjutnya?

Rosh Hashanah adalah awal dari Yamim Nora'im (Hari Raya Tinggi). Hari suci Yom Kippur ketika kita berkumpul di sinagoge selama 25 jam puasa, doa dan inspirasi, tinggal seminggu lagi. Hari-hari di antaranya (dikenal sebagai 10 Hari Pertobatan, atau Sepuluh Hari Pengembalian) adalah waktu yang sangat tepat untuk teshuvah, kembali ke Tuhan. Yom Kippur diikuti oleh hari raya Sukkot dan Simchat Torah yang menggembirakan.

Musim Hari Raya Tinggi adalah waktu untuk perjalanan epik bagi jiwa, dan Rosh Hashanah adalah tempat semuanya dimulai.

Lebih Banyak dari Kepala Tahun

Meskipun ini adalah Rosh Hashanah yang paling terkenal, Mishnah sebenarnya mencantumkan empat kepala tahun ini. Salah satunya adalah 1 Nissan, di bulan musim semi ketika kami meninggalkan Mesir, dan yang lainnya adalah 15 Shevat, Tahun Baru Pohon. Dan hanya untuk membuat segalanya menjadi menarik, tradisi chassidic merayakan 19 Kislev sebagai Tahun Baru untuk Chassidism.





Footnote (Catatan Kaki) :

1. Imamat 23:23.

2. Kejadian 21:1–34.

3. I Samuel 1:1–2:10.

4. Kejadian 22:1–24.

5. Yeremia 31:1–19.





(Referensi : Chabad.org)



























Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kategori

Kehidupan Setelah Kematian

Konser Musik Yahudi

Video Belajar Taurat

Kebahagiaan di Bulan Adar