Mencuci tangan setelah potong rambut (halacha Ashkenazi)

בס''ד 

Mencuci tangan setelah potong rambut

Potong rambut:[1]

[Orang yang memotong rambutnya sendiri harus mencuci tangannya [2] segera setelahnya.[3] Ini berlaku meskipun dia hanya memotong sedikit rambutnya[4], dan berlaku apakah rambutnya dipotong dengan gunting atau pisau cukur.[5]] Jika seseorang tidak mencuci tangannya setelah memotong rambutnya, dia akan memiliki ketakutan batin. untuk tiga hari.

Tanya Jawab :

  • Haruskah seseorang mencuci tangannya setelah memotong rambut orang lain?[6]

Ya.[7]

  • Haruskah seseorang mencuci tangan jika orang lain memotong rambutnya?[8]

Ya.

  • Haruskah seseorang mencuci tangannya setelah memotong rambut wajah seperti kumis?

Menurut banyak Poskim[9] dan Kabbalis[10] terdapat larangan keras untuk memotong atau memangkas rambut wajah bahkan dengan gunting. Meski demikian banyak yang terbiasa mencukur bulu kumis yang mengganggu makanan.[11] Orang yang mencukur kumisnya tidak wajib mencuci tangannya setelah itu.[12]

  • Haruskah seseorang mencuci tangannya setelah mendapat kehormatan untuk memotong rambut oleh seorang Upshernish (upacara ritual potong rambut untuk anak laki-laki berumur 3 tahun, klik disini untuk mengetahui ritual potong rambut) ?

Beberapa[13] menulis tidak perlu mencuci tangan setelahnya. Lainnya[14] menulis seseorang harus  mencuci tangan.

Catatan Kaki :

[1] Kama 4/19

[2] Lihat Halacha 3 dalam catatan kaki untuk analisis lengkap dalam masalah ini.

[3] Ketzos Hashulchan 2/11; Ini karena roh najis yang bersemayam di tangan setelah potong rambut. Hal ini berlaku menurut semua Poskim. [Lihat Halacha 2 di catatan kaki] Vetzaruch Iyun mengapa ini tidak terdaftar di 18/4.

[4] Kaf Hachaim 4/68 atas nama Poskim; Kaf Hachaim [Falagi] 27/8

[5] Kaf Hachaim 4/93

[6] Kaf Hachaim 4/92; Yifei Laleiv 18/1 [Kuntrus Achron] begitulah kebiasaan dunia.

[7] Seperti biasa bagi tukang cukur untuk menyentuh rambut orang yang penuh keringat.

[8] Kaf Hachaim 4/92

[9] Tzemach Tzedek Yoreh Deah 93; Lihat Sefer “Hadras Pnei Zakein” untuk semua pendapat di Halacha yang melarang memotong jenggot bahkan dengan gunting.

[10] Arizal di Shaar Hamitzvos Kedoshim dan di banyak tempat lainnya. Lihat Sefer “Hadras Pnei Zakein” untuk semua pendapat di Kabala yang melarang pemotongan janggut.

[11] Lihat Sefer “Hadras Pnei Zakein” Bab 11 hal. 508 karena banyak pendapat yang mewajibkan pemotongan kumis baik menurut Halacha maupun Kabala; Rebbe menjawab bahwa sehubungan dengan memotong kumis ada sisi yang mengatakan itu diizinkan dan sisi yang mengatakan itu dilarang dan karena itu seseorang harus bertanya kepada Rabbanei Anash. [Shulchan Menachem 4/36 hal. 133] Jawaban I [yaitu. penulis] menerima pertanyaan ini dari Rav Mordechai Ashkenazi, Rav dari Kfar Chabad, adalah bahwa seseorang boleh memotong kumis jika itu menutupi bibir mempersulit makan. [Pertanyaan diajukan sebagai berikut: “Apakah ada Hiddur yang terlibat untuk tidak memotong kumis meskipun itu menutupi bibir mempersulit makan?”]

[12] Dayung Letziyon 2/44-5; Halichos Shlomo 2/10

[13] Halichos Shlomo 2/10; Yalkut Hatispora hal. 77 oleh Rav Y.Y. Sarabranski. Di sana ia menjelaskan bahwa mungkin pemotongan beberapa helai rambut tidak menyebabkan roh jahat tinggal.

[14] Lihat Piskeiy Teshuvos 28/4 catatan kaki 265; Rav Avraham Pariz akan mencuci tangannya tiga kali berturut-turut setelah memotong ikal rambut dari anak laki-laki berusia tiga tahun itu. [Keitzad Nechaneich Yiladeinu hal. 172]


Terjemahan dari : Shulkhan Arukh Harav



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kategori

Kehidupan Setelah Kematian

Konser Musik Yahudi

Video Belajar Taurat

Kebahagiaan di Bulan Adar