Mencuci tangan setelah melepas sepatu (Halacha Ashkenazi)

בס''ד 

Mencuci tangan setelah melepas sepatu dengan tangan

Orang yang melepas [atau bahkan menyentuh [1]] sepatunya dengan tangannya wajib mencuci tangannya satu kali [segera] sesudahnya.[2] Ini berlaku bahkan jika sepatunya bersih.[3] [Ini berlaku bahkan jika seseorang hanya menyentuh sepatunya dengan kelingkingnya.[4]]

Tanya Jawab :

  • Haruskah seseorang mencuci kedua tangan jika hanya satu tangan yang menyentuh sepatu?[5]

Seseorang hanya diwajibkan untuk mencuci tangan yang menyentuh sepatu, meskipun orang yang ketat mencuci kedua tangannya pasti diberkati. Menurut semua orang harus mencuci seluruh tangan yang menyentuh sepatu.

  • Haruskah seseorang mencuci tangannya jika dia melepaskan sepatunya tanpa menggunakan tangannya?[6]

Tidak.

  • Haruskah seseorang mencuci tangannya jika dia melepaskan sepatunya menggunakan kain?[7]

Tidak.

  • Haruskah seseorang mencuci tangannya setelah menyentuh sepatu baru yang belum pernah dipakai?[8]

Tidak. Jadi seseorang tidak diharuskan untuk mencuci tangannya setelah menyentuh sepatu baru dari toko.

  • Haruskah seseorang mencuci tangannya setelah menyentuh bagian atas sepatu bot?[9]

Beberapa menulis seseorang tidak perlu mencuci tangannya karena bagian atas sepatu bot tidak menjadi kotor dan dengan demikian tidak memiliki roh jahat. Namun secara praktis hal ini membutuhkan analisis lebih lanjut.

  • Haruskah seseorang mencuci tangannya setelah menyentuh sandal?

Ya.[10] Namun ada Poskim[11] yang bersikap lunak.

  • Haruskah seseorang mencuci tangannya jika dia menyentuh tali sepatunya?[12]

Beberapa Poskim memberikan kelonggaran untuk tidak mencuci tangan jika hanya menyentuh tali sepatu.

  • Haruskah seseorang mencuci tangannya setelah menyentuh kaus kakinya?

Tidak.[13] Namun ada juga yang tegas dalam hal ini.[14] Jika kaus kaki penuh dengan keringat maka seseorang dianjurkan untuk mencuci tangan menurut semua Poskim.[15]

Catatan Kaki :

[1] 128/27; Tehila Ledavid 18/4; Poskim di Kaf Hachaim 4/71; Aruch Hashulchan 21/4; Tidak ada bedanya apakah sepatu itu miliknya atau bukan atau apakah dia sedang memakainya atau tidak. [Piskeiy Teshuvos 22]

[2] Kama 18/4

[3] 128/27; Poskim disebutkan dalam Kaf Hachaim 4/70; makluk roh jahat bersemayam pada diri seseorang saat menyentuh sepatu dan karenanya tangan perlu dicuci sehubungan dengan bahaya tersebut. [Admur sda]

Pendapat Lain: Beberapa Poskim mengatur bahwa menyentuh sepatu tidak membawa roh najis dan karenanya tidak perlu dicuci dengan air. Sebaliknya tangan membutuhkan pembersihan dengan cara apa pun agar diizinkan untuk belajar Taurat. [Machatzis Hashekel 17/4; Nivei Shalom 4/12; Machazik Bracha membawa Shaareiy Teshuvah 4/12; Sol Belula 14/4 atas nama Makor Chaim; Ben Ish Chaiy Toldos 17] Namun Admur memutuskan bahwa hal itu menyebabkan kenajisan, dan karenanya hanya mencuci dengan air yang membantu. Begitu juga aturan Kisei Eliyahu ibid; Yifei Laleiv 18/4 atas nama Mor Uketzia; Peri Megadim 4 M”Z 14; dan begitu tersirat dari banyak Poskim. [dibawa masuk Kaf Hachaim 4/60]

[4] Ketzos Hashulchan 2/11; Kaf Hachaim 4/64; A”A 4 M”Z 18

[5] Kaf Hachaim 4/86 tentang area yang tidak tertutup [lihat F T&J]; Piskeiy Teshuvos 22/4 dan catatan kaki 179

[6] Admur 18/4 "tangan"; M”A 4/19; Shiyurei Kneses Hagedola 128/4; Elya Raba 13/4; Mamar Mordechai 4/9; Chayeh Adam 2/5; Kaf Hachaim 4/69; Nimukeiy Orach Chaim 4/3

Pendapat Lain: Olas Tamid 4/12 [dibawa dalam Peri Megadim 4 A”A 19; Ashel Avraham Butchach] aturan seseorang diharuskan untuk mencuci tangannya setelah melepas sepatu bahkan jika dia tidak menggunakan tangannya. Kami tidak mengikuti aturan seperti pendapat ini.

[7] Yifei Laleiv 1/27 membawa Kaf Hachaim 4/87; Lihat Admur 97/3; Namun lihat Olas Tamid di catatan kaki sebelumnya.

[8] Ben Ish Chaiy Toldos 17; Kaf Hachaim 4/71; Mor Uketzia; Daas Taurat; Shearim Hametzuyanim 2/9; Poskim disebutkan dalam catatan kaki Piskeiy Teshuvos 4 214

[9] Piskeiy Teshuvos 22/4 catatan kaki 215

[10] Nimukeiy Orach Chaim 4/3

[11] Ashel Avraham Butchach 4; Nimukeiy Orach Chaim 4/3 meniadakan pendapat ini. Lihat juga Aruch Hashulchan 21/4; Piskeiy Teshuvos 22/4

[12] Piskeiy Teshuvos 22/4 atas nama Chazon Ish; Halichos Shlomo 20/18; Yabia Omer 5/1

[13] Kaf Hachaim 4/72 atas nama Poskim; Ashel Avraham Butchach; Aruch Hashulchan 21/4

[14] Dibawa ke Kaf Hachaim sda

[15] Sheivet Halevy 8/2; Lihat Halacha F Tanya Jawab


Terjemahan dari : Shulkhan Arukh Harav


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kategori

Kehidupan Setelah Kematian

Konser Musik Yahudi

Video Belajar Taurat

Kebahagiaan di Bulan Adar