Halacha tentang warna pakaian

בס''ד 

Mengenakan pakaian berwarna merah

Pakaian berwarna merah dilarang untuk dikenakan [oleh pria atau wanita], seperti yang dikenakan oleh orang-orang bukan Yahudi untuk tujuan pergaulan bebas, [dan orang yang memakainya melanggar larangan “Jangan pergi menurut ketetapan mereka”[1][2] Juga tidak pantas bagi orang-orang sederhana untuk memakai warna merah. [Hal ini terutama berlaku untuk wanita, karena merah adalah warna menggoda yang menarik perhatian pria dan membawa dosa.[3]] Selain itu, ada tradisi dari nenek moyang kita untuk menghindari mengenakan pakaian berwarna merah.[4] [Namun, beberapa Poskim[5] saat ini bersikap lunak untuk mengizinkan pria mengenakan pakaian berwarna merah, karena itu bukan lagi warna yang dikenakan oleh orang non-Yahudi. Praktisnya, seseorang harus tegas dalam hal ini.[6] Ini terutama berlaku untuk wanita, karena alasan Tzenius (kesopanan), dan begitu pula kebiasaan di semua rumah Yahudi, untuk menghindari mengenakan pakaian berwarna merah.[7]]

Ringkasan:

Pria dan wanita harus menghindari mengenakan pakaian berwarna merah. Ini terutama berlaku untuk wanita, karena alasan kesopanan.

Tanya Jawab :

Bolehkah seseorang mengenakan pakaian yang tidak seluruhnya berwarna merah tetapi mengandung bagian yang berwarna merah?

Beberapa[8] menulis bahwa penghindaran pakaian berwarna merah di atas hanya jika mayoritas pakaiannya berwarna merah.

Bolehkah seseorang mengenakan pakaian kecil berwarna merah, seperti kaus kaki, ikat kepala atau jepit rambut, jam tangan, atau tali sepatu?[9]

Seseorang harus menghindari mengenakan sesuatu yang berwarna merah, meskipun itu barang kecil, seperti kaus kaki, ikat kepala, dan sejenisnya.

Bolehkah seseorang mengenakan pakaian dalam berwarna merah, dan bolehkah seseorang mengenakan pakaian merah dalam privasi rumahnya?

Beberapa[10] menulis bahwa seseorang harus menghindari melakukannya.[11] Lainnya[12] namun aturan itu diizinkan.

Bolehkah anak-anak memakai pakaian berwarna merah?

Beberapa Poskim[13] mengatur bahwa anak-anak di bawah usia Chinuch boleh memakai pakaian berwarna merah, sedangkan anak-anak yang di atas usia Chinuch dididik untuk tidak melakukannya. [Namun, berdasarkan tradisi yang tercatat di Shach, dan penjelasan dari Chasam Sofer, tampaknya, bahkan anak kecil pun tidak boleh mengenakan pakaian seperti itu.]

Bolehkah seseorang mengenakan pakaian berwarna pink atau merah marun?

Larangan dan tradisi di atas hanya terkait dengan warna merah, dan tidak dengan warna lain, seperti merah muda dan merah marun.[14] Namun, beberapa[15] berpendapat bahwa semua warna yang terkait dengan merah termasuk dalam penghindaran, seperti merah muda dan merah marun. Praktis, warna apa pun yang menarik perhatian pria tidak boleh dikenakan oleh wanita yang takut akan Tuhan.[16]

Apa yang salah dengan warna merah?

Terlepas dari apa yang mungkin kita pikirkan, warna mempengaruhi perasaan dan ketertarikan kita. Merah adalah warna yang diasosiasikan dengan darah, dan karena itu merupakan warna Eisav dan Edom, di mana ayat tersebut menyatakan “Dengan pedangmu kamu akan hidup.” Seorang Yahudi yang memakai warna ini secara spiritual dipengaruhi olehnya.[17] Selain itu, merah melambangkan cinta, romansa, dan pergaulan bebas, dan secara alami menarik perhatian mata pria.[18] Ini disebut sebagai efek gaun merah. Studi dan eksperimen sosial yang dilakukan oleh universitas dan jurnalis telah membuktikan bahwa warna merah menarik perhatian pria lebih dari warna lain, dan dapat dipandang sebagai pelaku sex bebas bahkan oleh wanita. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa sebagian besar istri tidak mengizinkan suami mereka mengobrol dengan wanita yang mengenakan gaun merah, dibandingkan jika wanita yang sama mengenakan warna lain. Dalam penelitian lain, ditemukan bahwa pria yang berkencan dengan wanita yang mengenakan warna merah merasakan suasana yang lebih bebas saat berkencan, dibandingkan jika wanita yang sama mengenakan warna lain. Warna merah meneriakkan perhatian dari yang melihatnya, dan karenanya dihindari oleh orang-orang Yahudi yang secara tradisional sederhana dan menghindari memakai barang-barang yang mencari perhatian orang lain.

Catatan Kaki :

[1] Lihat Michael Y.D. 178 : 1; Maharik Shoresh 88; Igros Moshe Y.D. 1 : 81; Dibros Eliyahu 34

[2] Rama Y.D. 178 : 1; Beis Yosef 178; Maharik Shoresh 88; Arch di Brachos 20a

[3] Aruch sda; Rashi pada syair [Bereihit 49 : 11] “Ubidam Anavim Susa” bahwa “Pakaian yang diwarnai dengan darah anggur dipakai oleh wanita untuk merayu laki-laki, oleh karena itu disebut Susa oleh ayat tersebut”; Dibros Eliyahu 34

[4] Shach 178 : 3; Maharik sda; Lihat Drashos Chasma Sofer 2 : 244

Alasannya: Lihat di bawah untuk pembahasan “Apa yang salah dengan warna merah”

[5] Darkei Teshuvah 178 : 16 atas nama Rav Yitzchak Elchonan dari Kovna; Orchos Rabbeinu yang begitu diperintahkan oleh  Rav Kanievsky mengenai pakaian wanita; Dibros Eliyahu 34 tentang pakaian laki-laki; Lihat Igros Moshe Y.D. 1 : 81 berdasarkan Maharik sda bahwa pakaian merah dianggap “Nidnud Peritzus” dan karenanya tidak boleh dikenakan karena Chukos Hagoyim selama orang Yahudi menghindari memakainya. Jadi kita melihatnya tidak tergantung pada apakah orang-orang bukan Yahudi benar-benar memakainya, tetapi pada apakah orang Yahudi menghindari memakainya atau tidak.

[6] Lihat Shach sda bahwa selain untuk Chukos Hagoyim, kami memiliki tradisi untuk tidak memakainya, dan karenanya mengapa tradisi itu harus dihentikan hanya karena Chukos Hagoyim tidak lagi berlaku; Lihat Igros Moshe sda; Jadi aturan Rav Eliezer Milameid dan Poskim membawa catatan kaki berikutnya [walaupun kebanyakan hanya membahas perempuan dan bukan laki-laki]

[7] Shevet Halevi 24-6-2; Beir Moshe 4 : 147 "Pakaian seperti itu, seperti rok atau blus merah, adalah kekejian, dan pakaian seperti itu tidak dapat ditemukan di antara orang-orang Yahudi yang takut akan Tuhan."; Chasam Sofer tidak mengizinkan pakaian merah masuk ke rumahnya; Lihat Drashos Chasma Sofer 2 : 244; Rav SZ”A, dan Rav Chaim Kanievsky, membawa Malbushei Kavod sda; Halichot Bat Yisrael 7 catatan kaki 7 atas nama Rav Elyashiv; Teshuvos Vehanhagos 1 : 136; Dibros Eliyahu 34

[8] Halichot Bat Yisrael 7 catatan kaki 7 atas nama Rav Elyashiv; Dibros Eliyahu 34

[9] Beir Moshe 4 : 147-13

[10] Malbushei Kavod 1 : 25 atas nama Rav Chaim Kanievsky

[11] Karena mungkin melibatkan Bechukoseihem Lo Seileichu, dan tentu saja bertentangan dengan tradisi dan efek buruk yang dibawa oleh pakaian merah kepada seorang Yahudi.

[12] Rav SZ”A, membawa Malbushei Kavod sda; Lihat Dibros Eliyahu 34

[13] Shevet Halevi 24 : 6

[14] Halichos Bas Yisrael 7 catatan kaki 7 atas nama Rav Elyashiv

[15] Hatzenius Vehayeshua 12 dari Admur Zutchka; Lihat Shevet Halevi 24 : 6 bahwa warna apa pun yang tidak sopan termasuk dalam larangan

[16] Lihat Shevet Halevi 24 : 6 bahwa warna apa pun yang tidak sopan termasuk dalam larangan

[17] Lihat Drashos Chasma Sofer 2 : 244 atas nama Rabbeinu Bechayeh bahwa merah menurunkan kekuatan Maadim, yang merugikan bagi seorang Yahudi

[18] Aruch sda; Rashi pada syair [Bereihit 49 : 11] “Ubidam Anavim Susa” bahwa “Pakaian yang diwarnai dengan darah anggur dipakai oleh wanita untuk merayu laki-laki, oleh karena itu disebut Susa oleh ayat tersebut”; Untuk studi sekuler tentang masalah ini-lihat di sini http://www.sciencemag.org/news/2012/02/red-dress-effect [Situs ini dilihat oleh kami dengan filter yang mencegah potensi gambar tidak sopan, yang mungkin atau mungkin tidak ada di halaman ini. Anda dapat menghindari munculnya gambar yang tidak sopan dengan memasang filter ke internet Anda, dan/atau menonaktifkan browser Anda agar tidak menampilkan gambar. Secara umum, setiap orang Yahudi yang takut akan Tuhan harus memiliki beberapa sistem penyaringan dan / atau metode pemblokiran gambar yang diinstal ke internetnya, untuk memungkinkan akses internet Kosher.]

Terjemahan dari : Shulkhan Arukh Harav 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kategori

Kehidupan Setelah Kematian

Konser Musik Yahudi

Video Belajar Taurat

Kebahagiaan di Bulan Adar