Halacha Mencuci Tangan ketika mengunjungi makam (Sephardi)

בס''ד 

Mencuci Tangan Setelah Mengunjungi Makam Tzaddikim (Rabi-rabi besar yang sangat saleh) Halacha Sephardi

Pertanyaan: Haruskah seseorang mencuci tangan setelah mengunjungi kuburan orang-orang saleh atau mengunjungi kuburan? Apakah kewajiban untuk melakukannya secara khusus setelah mengunjungi kuburan atau apakah seseorang diwajibkan untuk melakukannya bahkan setelah berpartisipasi dalam pemakaman?

Jawaban: Maran Ha'Shulchan Aruch (Bab 4) menulis: "Orang yang berjalan di antara orang yang meninggal harus mencuci tangannya." Ini memang kebiasaan kuno bahwa setelah seseorang mengunjungi kuburan, seseorang mencuci tangannya dengan bejana tiga kali sambil bergantian dari tangan ke tangan seperti ketika seseorang akan melakukan Netilat Yadayim saat bangun di pagi hari.

Alasan Netilat Yadayim

Sumber hukum ini dapat ditemukan dalam komentar Mordechi (Berachot, Bab 194) antara lain Rishonim. Namun demikian, alasan untuk mencuci tangan ini masih diperdebatkan. Ramban menulis dalam Torat Ha'Adam-nya (Sha'ar Ha'Evel, halaman 156) bahwa seseorang harus mencuci tangan setelah meninggalkan kuburan, karena air melambangkan pembentukan manusia. Dia melanjutkan untuk membahas masalah ini panjang lebar. Namun, Meiri (dalam Kuntres Bet Yad-nya yang dikutip oleh Halacha Berura, Volume 1, halaman 100) menulis bahwa alasannya semata-mata untuk tujuan kebersihan.

Di sisi lain, Maharil menulis bahwa alasannya adalah karena Roh Jahat yang berada di tangan seseorang setelah mengunjungi kuburan. Rishonim lainnya menulis juga. Memang, bahkan Ramban menulis di akhir diskusinya bahwa dia telah mendengar dari salah satu gurunya bahwa alasan cuci tangan ini adalah melambangkan pemurnian yang tidak murni.

Berdasarkan hal ini, cukup dapat dimengerti mengapa setiap orang yang memasuki empat Amot (kira-kira enam kaki kurang lebih 2,30 m) dari orang yang telah meninggal untuk mencuci tangannya (lihat Magen Avraham, Bab 4, Ayat 21 di mana ia mengatur hal yang sama), untuk kenajisan orang mati ada di sana. Demikian pula, semua orang yang telah menemani jenazah almarhum dan berada dalam jarak empat amot dari jenazah biasanya mencuci tangan.

Seseorang yang Berpartisipasi dalam Pemakaman

Namun demikian, jika seseorang hanya berpartisipasi dalam pemakaman tetapi tidak membawa  jenazah, masuk dalam empat Amot dari itu, atau memasuki area beratap bersama dengan jenazah, tulis Ramban dalam Torat Ha'Adamnya (halaman 155) atas nama a Gaon bahwa seseorang tidak perlu mencuci tangan sama sekali.

Kita harus menunjukkan bahwa mengunjungi kuburan secara sia-sia bukanlah hal yang terbaik untuk dilakukan. Memang, Maran Rabbeinu Ovadia Yosef zt”l akan menyarankan mereka yang dekat dengannya untuk tidak mengunjungi kuburan sama sekali. Dia mengutip Hagaon Rabbeinu Eliyahu dari Vilna yang mengatakan bahwa segala macam penderitaan dan dosa muncul sebagai akibat dari mengunjungi kuburan.

Kuburan Tzaddikim (Rabi-rabi besar yang sangat saleh)

Semua hal di atas berlaku untuk pemakaman biasa; namun, jika seseorang mengunjungi makam orang yang saleh dan tidak ada kuburan lain di sekitarnya, seperti makam Rabi Shimon bar Yochai, seseorang tidak perlu mencuci tangan sesudahnya, karena tidak ada Roh Jahat yang berdiam di sana (lihat Yalkut Yosef, Bab 4, halaman 412).

Ringkasan: Orang yang mengunjungi kuburan harus mencuci tangan setelah keluar dari kuburan seperti ketika bangun di pagi hari. Demikian pula, orang yang berada di rumah bersama dengan mayat orang yang meninggal atau orang yang memasuki empat Amot (kurang lebih enam kaki, 2,30 m) orang yang meninggal harus mencuci tangan. Di masa depan, orang yang meninggal akan dibangkitkan dan kenajisan mereka akan dihapuskan. Semoga kita pantas melihat hari ini, dengan cepat ketika kita masih hidup, Amin.

Terjemahan dari : Halakha Yomit


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kategori

Kehidupan Setelah Kematian

Konser Musik Yahudi

Video Belajar Taurat

Kebahagiaan di Bulan Adar