Halacha Doa saat Puasa Esther (Sehari sebelum Purim)

בס''ד 

Halacha Doa saat Puasa Esther

A. Selichot:

Selichot dibacakan pada hari puasa.[1] Kebiasaan Chabad adalah melafalkan Selichot di dalam Tachanun [2], setelah Shemoneh Esrei dari Shacharit.[3]

Berdiri: [4] Biasanya dibaca sambil berdiri. Ini terutama berlaku untuk 13 atribut Hashem dan Shema Koleinu. Menghilangkan Viduiy:[5] Kebiasaan Chabad adalah menghilangkan ucapan Ashamnu dalam Selichot, ketika Selichot dibacakan dalam doa Shacharit.[6] [Namun itu dibacakan seperti biasa dalam Tachanun yang dibacakan sebelum Selichot.]

Konsentrasi: Selichos harus dibacakan perlahan dan dengan konsentrasi. Lebih baik membaca doa dalam jumlah yang lebih sedikit, tetapi dengan konsentrasi yang tepat, daripada jumlah yang lebih besar tanpa konsentrasi.[7] Mereka yang terbiasa dengan cepat membaca kesimpulan dari Selichot harus membatalkan kebiasaan mereka.

Tiga belas atribut: Dilarang melafalkan tiga belas atribut tanpa konsentrasi yang tepat.[9] [Ini harus dibacakan perlahan dan hati-hati.[10] Itu harus dibacakan dengan keras.[11] Beberapa terbiasa menghitung Middot dengan jari mereka.[12] Beberapa orang terbiasa membayangkan setiap huruf dari setiap kata dalam benak mereka saat melafalkannya.[13] Salah satunya adalah memisahkan antara kata Vayikra Besheim dan Hashem[14], dan di antara dua nama Hashem, Hashem.[15]] 13 atribut hanya dapat dibaca bersama dengan Minyan.[16] Lihat Tanya Jawab!

Shema Koleinu: Kebiasaannya adalah ketika membuka Aron Kodesh (lemari tempat penyimpanan gulungan Taurat) dan berdiri ketika mengatakan Shema Koleinu.

Selichot tanpa Minyan:

Bolehkah seseorang melafalkan Selichos tanpa Minyan?[17] Diperbolehkan melafalkan Selichos tanpa Minyan, meskipun menghilangkan bagian-bagian tertentu, seperti yang akan dijelaskan selanjutnya.

Apa yang dihilangkan jika dia mengatakan Selichos tanpa Minyan? Jika seseorang mengatakan Selichot tanpa Minyan, dia harus menghilangkan 13 atribut belas kasih Hashem.[18] [Salah satunya adalah menghilangkan kata-kata yang dimulai dari Vayavor.[19] Beberapa[20] menulis bahwa yang satu juga menghilangkan seluruh paragraf “Keil Melech Yosheiv”. Bukan kebiasaan kami dalam kasus seperti itu untuk melafalkan 13 atribut belas kasih dalam nada bacaan Taurat-lihat Halacha di Tanya Jawab!] Dia juga menghilangkan bagian-bagian bahasa Aram yang disebutkan dalam Selichot.[21] Seseorang tidak menghilangkan ayat "Uzechor Hayom Brit Shlosh Esrei" saat mengucapkan Selichosttanpa Minyan.[22]

Tanya Jawab tentang Selichot

  • Haruskah seseorang berdiri selama Selichos?[23]

Kebiasaannya adalah berdiri sambil membacakan Selichot. Ini terutama berlaku ketika Aron Kodesh terbuka[24], ketika tiga belas atribut dibacakan [dan setelah mengucapkan Ashamnu[25]]. Namun jika sulit bagi seseorang untuk berdiri, maka dia boleh duduk, kecuali ketika tiga belas atribut [dan Ashamnu] dibacakan.

  • Haruskah orang yang tidak berpuasa membaca Selichot?[26]

Ya.

  • Apakah seseorang mengatakan Selichot jika Chatan hadir oleh Minyan?[27]

Ya. Jika ada Chatan [dalam tujuh hari pernikahannya, atau pada hari pernikahannya] yang hadir oleh Minyan, Selichot dibacakan tanpa Tachanun.[28]

  • Apakah Chatan sendiri melafalkan Selichot?[29] Chatan sendiri tidak melafalkan Selichot.
  • Apakah seseorang mengatakan Selichos jika ada Baal Brit [yaitu. mohel; Sandek; Ayah] hadir oleh Minyan?[30]

Ya. Jika ada Baal Brit yang dihadirkan oleh Minyan, Selichot dibacakan tanpa Tachanun.[31]

  • Apakah Baal Brit sendiri melafalkan Selichot?[32] Baal Brit sendiri tidak melafalkan Selichot.
  • Apakah Selichot dibacakan di rumah seorang Avel?[33]

Di rumah seorang Avel, Selichot dibacakan[34] tanpa doa pengakuan [dari Ashamnu] dan tanpa Nefilas Apayim.[35]

  • Apakah Avel membacakan Selichot? Beberapa aturan Poskim[36] Avel tidak melafalkan Selichot. Lainnya[37] aturan Avel adalah untuk membaca Selichot tanpa doa pengakuan dosa.

Tanya Jawab tentang 13 atribut Belas Kasih Hashem

  • Haruskah seseorang berdiri ketika melafalkan 13 atribut?[38]

Kebiasaannya adalah berdiri sambil membacanya. Seseorang tidak bersandar saat membacanya kecuali dia sudah tua atau sakit.

Membungkuk:[39] Salah satunya adalah melafalkan 13 atribut dengan punggung sedikit membungkuk ke depan.

  • Jika seseorang berada di belakang Minyan dan komunitas telah mencapai 13 atribut, apa yang harus dia lakukan?[40]

Kebiasaannya adalah berhenti dan membaca 13 atribut bersama-sama dengan komunitas, sebagaimana hukum Kaddish dan Kedusha.[41] Ini berlaku untuk semua orang di Shul, bahkan jika seseorang bukan bagian dari Minyan untuk Selichot.[42] Namun jika seseorang berada di tengah-tengah doa, dan berada di area yang tidak dapat membuat jeda, maka dia tidak boleh mengucapkannya.[43]

  • Jika seseorang berdoa dengan seorang Minyan dan komunitas telah membaca 13 atribut, bolehkah dia membacanya ketika dia mencapai titik itu?[44]

Tidak. 13 atribut belas kasih hanya dapat dibacakan bersama dengan Minyan.[45]

  • Haruskah seseorang membaca setiap kata dari 13 atribut bersama dengan komunitas atau dapatkah dia membacanya dengan kecepatannya sendiri?[46]

Jika seseorang mulai membaca 13 atribut bersama-sama dengan komunitas, dan komunitas mengucapkan kata-katanya dengan cepat, diperbolehkan baginya untuk membaca kata-kata itu dengan caranya sendiri.[47]

Jika komunitas sudah di tengah-tengah membaca 13 atribut bolehkah seseorang mulai mengucapkannya?

Beberapa[48] menulis bahwa selama sebagian besar komunitas belum menyelesaikan bacaannya, maka dia boleh membacanya bersama mereka.

  • Bolehkah seseorang melafalkan 13 atribut belas kasih untuk dirinya sendiri dalam nada pembacaan Taurat?

Diperbolehkan untuk melafalkan tiga belas atribut dalam nada bacaan Taurat bahkan jika seseorang membacanya sendirian.[49] Namun demikian banyak yang terbiasa untuk menghindari melakukannya dan dengan demikian mereka benar-benar menghilangkannya ketika Minyan tidak didapat.[50] Praktis kebiasaan Chabad yang tercatat tidak mengatakannya.[51]

  • Jika seseorang mengucapkan Selichot bersama Minyan, dan Minyan telah melewati bagian bahasa Aram, apakah dia masih dapat melafalkannya?[52]

Selama komunitas belum menyelesaikan Selichot boleh dibacakan.

Bersambung.......

jika ada pertanyaan : rivkanessia@gmail.com


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kategori

Kehidupan Setelah Kematian

Konser Musik Yahudi

Video Belajar Taurat

Kebahagiaan di Bulan Adar